Reparasi Magnetic Clutch Air Conditioner (AC) Honda New City 2004
Sharing aja pengalaman saya dalam proses reparasi Magnetic Clutch AC Honda New City 2004. Bermula dari gejala, pada saat macet, AC Honda New City yang semula baik-baik saja, tiba-tiba tidak dingin. Angin tetap keluar tapi tidak dingin. Selanjutnya saya matikan AC, buka jendela dan mobil jalan terus. Kira-kira 20 menit kemudian saya coba nyalain AC, ternyata gak ada masalah, dingin lagi, demikian selanjutnya sampai saya sampai rumah.
Di lain kesempatan, beberapa hari kemudian, hal ini terjadi lagi. Tiba-tiba saja, tanpa suara aneh atau apapun, angin AC tetap keluar, tetapi tidak dingin. Saya matikan AC, mobil tetap saya pakai jalan, kira2 15 menit kemudian AC saya nyalakan lagi.......voila....AC berfungsi normal, gak ada masalah lagi sampai ke tujuan.
Tanggal 4 Maret 2013 kemarin, saya ke bengkel AC terkenal rekomendasi milis Honda New City, di daerah Jaksel. Saya ceritakan gejalanya, didiagnosa magnetic clucth dari compressor nya yang hampir mati. Kata bengkelnya itu merupakan gejala mau rusaknya magnetic clutch compressor Honda New City. Wuih keren juga ada early warning sign-nya. Katanya, ntar gejala AC tidak dingin semakin lama akan semakin sering.
Singkat cerita dibongkarlah itu compressor AC. Magnetic clucth AC letaknya di kepala compressor. Setelah dicek, ternyata tidak bisa diganti hanya magnetic clutch nya, tetapi disarankan diganti juga dua piringan besi yang saling menempel saat AC aktif, lupa namanya. Katanya besinya sudah mulai aus juga. (waduh jadi mahal deh). Saya nurut saja, wong gak ngerti juga. Akhirnya digantilah magnetic clutch itu beserta kedua piringan yang saling nempel-pisah itu.
Menurut pemilik bengkel, ini penyakit umum dari Honda New City/ Honda Jazz. Dia sudah ratusan kali menangani penyakit semacam ini. Ini sih bisa dilihat sebagai sistem peringatan dini yang canggih dari Honda, untuk gejala awal kerusakan. Selain itu hal ini melindungi compressor AC tidak sampai terbakar karena kepanasan.
Setelah reparasi/service, AC Honda New City pun kembali normal, sejauh ini tidak kambuh kembali gejala AC tiba2 tidak dingin. I love my Honda New City.
Total cost Rp 1,9 jutaan. Set magnetic clutch-aja Rp 900 ribuan. Yang lain paket bersih2in ini itu, dsb, yang kata bengkelnya tidak terhindarkan juga.
Catatan lain: sayang, saya tidak bisa full ngawasin proses service AC, karena saya agak kecewa, begitu sampai rumah, lihat bagian yang dekat radiator (yang kayak sarang tawon) yang nurut kuitansi dibersihkan dan dicharge Rp 200 ribuan sendiri, kok masih debuan, tidak ada tanda-tanda baru dibersihkan. Saya juga curiga, bagian dalam di bawah dashboard (yang juga sirip-sirip kayak filter) juga tidak dibersihkan, karena kok proses cepet banget. Jadi nasehat saya, awasi terus proses service atau reparasi AC......walaupun bengkel rekomendasi milis.
saya penyakitnya sama di Honda Jazz, clutch compresornya sudah lemah... awalnya AC ga dingin... dimatikan, tunggu bentar... AC bisa dingin lagi... tapi ya ga enak pas lagi macet2an AC ga mo dingin... kemarin diperbaiki kena Rp 1,1jt
ReplyDeletekalo boleh tau selain magnet clutch,apa lg ya part yang di ganti?
ReplyDeletekarena dari harga 1.9 terdengar relative mahal yah..
honda new city saya kmrn jg di vonis magnetnya udah gejala mau mati,karena
setiap macet kadang gak dingin..
cuman saya ga langsung ganti,karena takut di bohongi oleh bengkel hehee..
ohiya boleh minta nama dan alamat bengkelnya,kebetulan saya di daerah jaksel jg,thank you..
ReplyDeleteHonda Jazz saya juga tahun 2006 , kemarin 7 Oktober ganti Magnet Compressor 450rb + ( Service dan freon 400 rb ) Jadi total habis 850 rb , di bengkel AC Aneka AC pangerang jayakarta , seberang Honda imora ke sana sedikit.
ReplyDeleteGejalanya persis ,
Waktu macet agak lama , Acnya cuma keluar angin dan bunyi ngerung , kemudian matikan ac , buka jendela , agak lama nyalain lagi Acnya dingin lagi
dan untuk kendala kerusakan magnet Ac apa tidak bisa diservice atau emang harus diganti.
ReplyDeletedan untuk kendala kerusakan magnet Ac apa tidak bisa diservice atau emang harus diganti.
ReplyDeleteKliatanys jazz saya juga begitu.ni mau ganti magnet clutc .n ganti sendiri.
ReplyDeleteKliatanys jazz saya juga begitu.ni mau ganti magnet clutc .n ganti sendiri.
ReplyDeletekok bisa ganti sendiri gan.. bukannya katannya harus isi preon lagi yaa.. karna pas saat membongkar preon harus dibuang..
Deleteapa tidak ribet pengerjaannya..
Umumnya clutch nya yg aus. Clutch ini orang awam bilang kaya kampas kopling, fungsinya meneruskan putaran pulley (berputar saat mesin jalan) ke kompressor AC jika coil/spool nya dialiri listrik (AC dihidupkan). Pada prinsipnya, benda berputar lama2 pasti aus, umurnya berbeda2 tergantung pemakaian. Dibeberapa bengkel AC ada yang bisa memperbaiki clutch ini jika memang tidak terlalu aus. Perlu dicek juga bearingnya apakah masih bagus dan spool nya juga masih bagus. Kalau problem di spool, biasanya akan mati total. Tetapi jika kadang kerja kadang tidak, karena clutch yg mulai aus. Jika tidak ada masalah di magnetic clutch tetapi AC tidak dingin, kemungkinan freon berkurang karena ada kebocoran. Bisa di evaporator atau di pipa AC.
ReplyDeletePengalaman juga Honda jazz saya seperti itu kadang dingin dan tidak, katanya magnetik clutch nya dah aus, setelah diganti, tidak lama Kambuh lagi bunyi ngoroknya,..saran bengkel tu kadang aneh ya, gak ngerti apa yg hrs diganti, skrg bilangnya hrs kompresor nya jg diganti, hrsnya kl dimatiin AC tetap ngorok mgk bearingnya, tp kl AC nyala ngorok berarti kompresor nya gitu aja, knp blg magnetik clutch nya aja, jd dobel LG pengeluaran Krn ganti kompresor 1 paket dgm magnetik clutch nya
ReplyDelete